dont confuse, lets translate with me!!

Selasa, 26 Mei 2015

dochi sadega ( 2nd )



haiii,setelah gue selesai dengan postingan gue tentang dochi sadega ,gue nempatin janji gue nih untuk buat postingan gue yang kedua,di postingan ini gue mau bagiin artikel perjalanan hidup dochi dari awal nongol (dipikir apaan pakek kata nongol-_-) sampe si dochi punya band sekarang.

 

















ceritanya sih singkat tapi sebenernya mah panjang-_-,namanya juga ceritakan pastilah cepet,,, dari yang gue tau sih tentang dochi sadega,beliau ini nih (biar elegan kesannya pakek beliau kan) adalah frontman sekaligus founder dari band yang namanya pee wee gaskins (maruk ya gaes haha udah fontman,founder pula wkwk),sebelum di band pwg ini sih beliau punya project band sama temen-temennya yang laen seperti the side project,bla bla blast,sempet jadi additional di killing me inside(pas masih formasi lama yang ada si legend sansan),bantuin si sherina muna’(munaf maksud gue hehe),bahkan pernah nyolo pula-_- (kid on a rocket ride yups haha),ajaib nih si dochi,dari apaan ya orang ini buatnya,keren dah sumpah haha.




















oke gue mulai aja dari bahasan yang pertama,
masa kecilnya dulu ya gaes,,dochi lahir tuh ditangal 26 desember,katanya si dochi harusnya doi lahir ditanggal 25,tapi berhubung ayah doi belum dateng buat nemenin ibunya buat ngeluarin dochi (si dochipun pengertian dan gak memkasa keluar untuk lahir,ajaib dochi,dari belum nongol aja udah pengertian coba!! Hehe).oya,, kata pertama yang keluar dari mulut dochi setelah kelahiranna bukan “ayah”,”ibu” atau apapun itu,tapi “ma,jemuran jatuh”...??? wthit (artinya what the hell is that,itu gue ngarang sendiri haha-_-),dochi bisa ngomong gitu soalnya pas itu ibunya dochi menjatuhkan jemuran yang sedang digantung setelah dicuci (mode bahasa baku gan haha).dochi itu mulai bisa maen alat musik pas umur 5 tahun (macih bocah aja udah bisa maen alat musik coba-_-,apakabar gua ya?-_- maen gitar aja kagak pro,sedih mah kalo diceritain-_-,lanjut ke dochi).alat yang pertama dochi kuasain itu drum!!.why? kenapa drum?? Karena eh karena dochi waktu kecil dulu dibeliin drum sama ayahnya haha (ya iyalah-_-),katanya sih bapak si dochi seorang drummer juga,maka dari itu dochi dibeliin drum deh J.dochi seneng banget maen drum karena doi lihat Bert mainin set yang sama di Sesame Street (gua gatau bert itu syp-_- sesame street itu abangna bert bukan sih?-_-).dochi juga bisa jago bahasa engelish because doi sering pantengin film sesame street (abangnya bert punya film doy!!haha).

















ini dochi pas masih ingusan (ingusnya dimana-_-)


masuk smp si dochi remaja mulai mengenal band,doi kenal band karena Madya Saba Wicana,gitu.doi masih memegang posisi sebagai seorang drummer (masih gak ada minat sama gitar ceritanya). Namun semua itu berubah!! Saat doi suka sama cewe sekelasnya (cie,, cie,,, cinlok cie,,).pas jaman dochi lagi ngetrend anak cowo pada bawa gitar ke sekolah,dan si cewe yang dochi taksir nanya ke dochi “bisa main gitar gak?” dan dochi menjawab “bisa,mau lagu apa?” (buset dah,mainin aja gabisa,udah bilang bisa-_- ajaib!! Haha) tapi tuhan berpihak ke dochi dan setelah percakapan itu,, bel sekolah berbunyi (sumpah,hoki banget haha) jadi dochi mutusin buat ke toko buku buat beli buku tentang gitar dan belajar gitar seharian penuh (woy belajar woy,malah ,aen gitar-_-haha,bw gitar yang dipakek belajar punya kakaknya dochi).pas besoknya dochi maenin gitar sambil nyanyi (acak-acakan sih performnya kata dochi) dan sukses tampilin depan cewe yang ditaksir.(lagu yang dibawain dochi itu lagunya Base Jam-Bermimpi) dari masa smp ini dochi mulai ngeband.diawal karir band. dochi ngebentuk the side project,,,gua bakal bahas tiap band dochi secara serius!! Gapakek becanda dan gue bakal pakek bahasa baku!!(gua bakal jelasin secara ringkas aja ya tiap bandnya hehe)

the side project














ini band pertama dochi nih,band ini dibentuk tahun 2001,umur dochi pas itu masih 16 tahun,di band ini personilnya ada lima,yaitu pasha “2step north”,faddy “march”,ayi,tlor dan dochi sendiri.band dochi ini udah ngeluarin beberapa lagu,salah duanya yaitu “tanpa suara” dan “persetan dengan dia”.awal cerita the side project itu kayak gini nih,pas itu dochi lagi jalan bareng sama si faddy,terus dochi ngajakin faddy buat band lagi,pas lagi ngomong gitu,di radio mobil dochi lagi muterin lagu “buried myself alive”nya “the used” terus faddy ngomong “bawain lagu kayak begini ya?”. Nah dari situlah awal the side project. Pada tahun 2006.



si odchi mutusin buat keluar dari band yang udah dibentuknya itu,bandnya tetep lanjut kok tapi lama dan semakin lama akhirnya band itu bubar karena tiap personil perang ego,jadinya pecah belah deh.

sigit wardana



setelah dochi keluar dari band udah lama dibentuknya,dochi sempet bantuin bandnya sigit wardana ex base jam.ada cerita unik dari dochi nih,jadi gini,pas smp dochi pernah suka sama temen sekelas yang nanyain dochi bisa main gitar atau enggak,terus dochi iyain pertanyaan cwe itu,nah cewe itu munta dochi bawain lagunya base jam,so dochi belajar gitar di rumah seharian penuh buat pelajarin lagunya base jam,alhasil dochi berhasil bawain lagunya walaupun ya agak acak-acakan,dan bertahun-tahun setelah itu dochi diajakin sigit wardana(ex base jam) buat bantuin bandnya,dochi disitu jadi drummernya band sigit wardana.(unik kan hehe)
click it!!
sherina munaf



dochi juga sempet bantuin sherina munaf nih.awal ceritanya dochi punya sahabat cewe yang katanya sih setengah bule australia,pas itu sahabat cewenya ngenalin dochi ke sherina munaf.nah seiring dan sejalan dengan waktu dochi bantuin sherina dan sempet jadi session player dari sherina dan bahkan jadi appear di video klip pertama sherina “sendiri”,disitu dochi bareng sama abdee slank.



IHCOD AGEDAS



nah pas ada sela waktu kosong,dochi buat lagu akustikan terus proyek lagu itu kasih nama “IHCOD AGEDAS”, ya taulah apa arti dari nama itu hehe,dan proyekan ini dimasukin ke dalem album yang berjullll,,,(tet,teret,,,) "kid on a rocket ride".

dochi juga buat lagu iseng yang judulnya “here up on the attic”. Lagu itu dochi buat untuk sahabat cewenya, namanaya lena.di lagu itu ada Penggalan lirik "just a hug and the company of being there is already enough for me", itu diambil dari diarynya Lena. Lagu itu ceritain gimana dari sahabat akhirnya ganti status jadi pacar. Itu lagu akustik pertama Dochi yang di aransemen ulang jadi format full band. Saat itu Dochi nge-take lagunya di studio oranye. Sempet ada percakapan anatar operato studio sama dochi,jadi operator studio nanya dimana personil yang lain karena yang ada disitu Cuma dochi aja,trus dochi bilang kalo dochi Cuma sendirian,operator ngebales jawaban dochi sambil becanda “kenapa lo? Ga punya temen? Hahaha”, tapi gak direspon dochi (dochi diem aja,leh uga dochi ini hehe). Dochi disitu rekam bass, gitar, synth, drum, dan vokal sendiri di lagu Here Up On The Attic. Dan ada unsur gak sengaja juga kenapa ada synthesizer di lagu itu. Karena kebetulan pas mau rekaman ada controller (sejenis synthesizer yg mesti dihubungkan ke module biar menghasilkan suara) jadi ya Dochi iseng isi. Waktu itu Dochi juga lagi sering dengerin Reggie and the Full Effects dan Hellogoodbye. Waktu itu belum tau “Four Year Strong” band yang disebut sebagai panutan Pee Wee Gaskins.abis lagu here up on the attic selesai Dochi rekam, Dochi langsung tunjukin ke Lena. Yang akhirnya jadi pacar dochi setelah menunjukkan lagunya.(just with a song you can get a girlfriend Lol)lena bilang kalo lagu dochi bagus dan nanya kenapa gak dilanjutin aja (ngebandnya maksud lena) tapi dochi menjawab kalo dochi males punya band lagi,docgi bialng gitu karena dochi lagi pw bantu-bantu temennya dibanding ngurus band.

killing me inside



dibagian yang ini yang seru (menurut gue khususnya),karena disini mulai kenal sansan yang sekarang jadi vokalis sama gitarisnya pwg.



Jadi ceritnya gini,dochi di killing me inside ini Cuma bantu jadi additional dari killing me inside kalo salah satu gitarisnya ada yang gak bisa dateng untuk manggung,jadi dochi yang gantiin posisi mereka.pas itu killing me inside masih formasi lama (sansan,jo,raka,onad,rudi) dan dari jadi additional killms inilah dochi bisa kenal sam yang namanya sansan.

pee wee gaskins



pee wee gaskins ini sebenernya Cuma proyek bales demdam dochi aja karna pas itu ketemu sama temen-temen lam dochi di venue pas dochi manggung  bareng killms.pas itu dochi denger temennya ngomong gini “masih aja lo manggung sam dochi”.dari kalimat dochi itu dochi langsung kepikiran untuk buat band lagi dan kemudian jadilah band pee wee gaskins ini.



orang pertama yang diajakin untuk royek bales dendam ini sama dochi adalah sansan.kenapa sansan? Karena sansan adalah orang yang paling deket sama dochi pas itu,untuk anggota lain dochi sam sansan ngajakin omo,tlor dan davi,maka terbentuklah formasi pertama yaitu :
Dochi (gitar vokal), Sansan (gitar vokal), Tlor (bass), Davi (drum), dan Omo (synth).




Formasi ini gak bertahan lama karena tiap personil itu udah punya band masing-masing,formasinya terus gonta ganti sampe pada akhirnya sampe pada formasi akhir yaitu : dochi,sansan,omo,aldykumis dan eye.

bla bla blast



gue kurang tau banyak sih tentang bla bla blast.menurut in fo,bla bla blast ini merupakan hasil eksperimen untuk buat genre musik yang baru.genrenya unik sih.



jadi genre ini pakek suara dasar elektronika yang didukung dengan gitar yang di distorsi dan dilengkapi sama vokal metal.bla bla blast ini proyek sampingan dochi katanya.awal mula ceritanya pas ferron sama rico yang sering berhubungan lewat internet (dalam kasus ini mereka tidak pernah bertemu tapi memiliki minat sama dalam musik) so keduanya tertarik dan sepakat untuk untuk membuat proyek sampingan dan terbentuklah bla bla blast pada januari 2007 dengan formasi Ferron Wesley (vokalis), Rico Julian (programmer).



untuk memaksimalkan suara mereka saat konser,mereka nyari gitaris,dochi nawarin diri untuk posisi itu.pada mei 2007 dochi jadi bagian dari bla bla blast.dalam pembuatan musik mereka ngerjainnya secara terpisah,kenapa terpisah? Karena jarak tempat tingal mereka jauh (Ferron di Belanda, Rico di Semarang, dan Dochi di Jakarta).mereka nyebarin lagu mereka di myspace.mereka bisa kumpul di akhir juni dan semenjak itu mereka bisa saling tatap muka dan menjadi teman baik.



sekarang bla bla blast udah ganti formasi,kemana formasi yang lama? Formasi lama udah bubar karena tiap personil punya kesibukan masing-masing dan dochi udah gak gabung lagi sam band ini


(tapi hubungan pertemanan mereka tetep jalan kok hehe). 

analogi logika



nah ini album yang dochi buat di tahun 2012 analgi logika!!!,yang gue tau sih nih album dochi buat spesial buat dinda kanya dewi gitu,karena inspirasi lagunya dari dinda (iya gak sih-_-). ya pokoknya itulah,karena sosok indah itulah yang bikin dochi bisa ngebuat beberapa lagu yang kemudian dochi masukkan kedalam album yang berjudul analogi logila eh,,,,, logika maksudnya hehe (sorry lawak gue jayus-_-). album ini ada 5 lagu dan tiap lagu punya warna yang beda-beda,,so you must listen it!!, nanti gue bakal bagiin lagunya kalo pada mau denger hehe,wait ya hehe

 

















sooooo,itulah tentang dochi yang gue tau sampe sekarang hehe,oh iya,soal pwg gue kasih gambaran singkat aja karna gue mau bahas tuntas pwg di artikel selanjutnya,gue mau kupas tuntas tentang pwg,so tunggu artikel gue yang bakal gue  post nanti ya,see you

2 komentar: